3 Cara Ini Dapat Mengetahui Arah Kiblat

Posted by on Feb 24, 2017 in blog |

3 Cara Ini Dapat Mengetahui Arah Kiblat

Untuk para penganut agama Islam, menghadap arah kiblat merupakan salah satu syarat sah utama dalam menjalankan shalat, dan arah kiblat juga merupakan hal yang sangat penting. Arah kiblat adalah arah yang mengarah atau tertuju kepada Ka’bah yang berada di Mekkah, Arab Saudi. Untuk mengetahui arah kiblat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti yang sudah tidak asing lagi dengan menggunakan kompas.

Langkah pertama adalah mengetahui posisi Anda terhadap Mekkah, walaupun ada beberapa kesalah pahaman umum bahwa umat muslim selalu menghadap ke timur saat beribadah, hal tersebut sebenarnya masih ada benarnya. Tetapi, hal tersebut benar jika seseorang muslim tinggal ditempat yang posisinya lebih barat dari Mekkah. Misalnya di amerika serikat, Mekkah kira – kira berada di posisi timur laut. Namun bila Anda tinggal dijepang, Mekkah berada di arah barat atau barat laut, dan bila Anda ada di Afrika Selatan, Mekkah ada diarah utara atau timur laut, Dan bila Anda berada di Indonesia, Anda harus menghadap kearah barat atau barat laut, karena Mekkah berada di barat atau barat laut jika Anda berada di Indonesia.

 

Berikut ini 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui arah kiblat :

  1. Menggunakan Matahari

Dengan menggunakan cara ini kita bisa menentukan arah kiblat dengan mudah, dengan Anda mengetahui di arah mana matahari terbit dan tenggelam, Anda sudah bisa mengetahui posisi atau arah menuju Mekkah.

 

  1. Buatlah Dan Gunakan Jam Matahari

Untuk membuat jam matahari Anda harus mencari daerah yang datar, ini dapat dilakukan sebelum tengah hari, dengan cara meletakkan tongkat atau benda vertical yang lainnya dengan panjang kira – kira 1 meter. Menandai ujung bayangan dari tongkat tersebut dan gambar lingkaran pada panjang bayangan sebagai patokannya.

Bersamaan dengan berjalannya hari menuju tengah hari, bayangan akan memndek dan menjauh dari pusat lingkaran. Dan bayangan akan kembali memanjang saat menjelangnya malam, dan akan menyentuh kembali pusat lingkaran. Dan pada saat itu buatlah tanda lain dan gambarlah sebuah garis diantara dua tanda yang sudah Anda buat.

Garis ini akan mewakili arah barat dan timur, titik pertama Anda akan mewakili arah barat dan tanda kedua mewakili arah timur.

Lalu buatlah gambar tegak lurus antara garis barat dan timur, garis tersebut merupakan garis utara dan selatan Anda.

 

  1. Menggunakan Media Jam Tangan

Cara ini bisa digunakan dengan jam tangan yang mempunyai jarum jam dan menit yang memungkinkan Anda menentukan arah.

Bila Anda berada di belahan bumi utara. Arahkan jam secara horizontal dan arahkan jarum jam kearah matahari. Arah yang berada diantara jarum jam dan angka 12 pada jam Anda merupakan arah selatan, dengan begitu Anda bisa dengan mudah menentukan beberapa arah lainnya.

Namun bila Anda berada di bagian bumi selatan, Anda bisa arahkan jam Anda secara horizontal, dan arahkan tanda jam 12 ke matahari, arah yang berada di antara angka 12 di jarum jam merupakan arah utara.

 

Itulah 3 cara menentukan arah kiblat, mudah – mudahan artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan membantu Anda mengetahui arah kiblat, jika Anda sudah menentukan arah kiblat dan ingin membuat petunjuk arah kiblat bisa kunjungi kami di http://www.gosign.co.id .

Spread the love