Cara Memotong  Kaca Akrilik ( Acrylic ) Dengan Metode Toreh dan Patahkan

Posted by on Feb 23, 2017 in acrylic |

Yang di maksud dengan kaca akrilik ialah plastik bening yang keras atau sering di kenal dengan sebutan Plexiglass. Kaca akrilik bisa menggantikan kaca untuk tempat apapun, anda bisa membeli kaca akrilik berupa lembaran dan juga bisa memotongnya sendiri dirumah dengan menggunakan alat – alat pengerjaan kayu biasa. Jika anda masih bingung untuk memotongnya maka di bawah ini ada metode menjelaskan tentang cara memotong lembaran kaca akrilik besar maupun kecil.

cara memotong kaca akrili

  1. Metode Toreh dan Patahkan
  • Metode ini untuk memotong kaca akrilik menjadi potongan kecil ( satu lembaran kaca akrilik bisa anda lakukan tanpa harus meminta bantuan kepada orang lain )
  • Kertas penutup pada lembaran kaca akrilik sebaiknya dibiarkan dulu. Karena kaca akrilik sulit untuk pecah namun rentan untuk terkena goresan. Lembaran kaca akrilik dilindungi oleh kertas penutup pada permukaannya. Jauh lebih baik jika beri kertas sebanyak mungkin hingga proses pemotongan selesai. Cara untuk melepaskan kertas nya mudah yaitu cukup tarik kertas dari satu sudut lalu tarik lepas dari kaca akrilik.
  • Letakkan lembaran ( yang masih terbungkus kertas ) di tempat yang datar atau lurus.
  • Kemudian gunakan penggaris untuk mengukur bagian yang ingin anda potong, ingat jangan gunakan penggaris logam atau meteran. Yang lebih baik dan cocok ialah dengan menggunakan penggaris kayu.
  • Menandai kertas pelindung. Gunakan spidol warna atau bisa juga dengan pensil untuk menandai bagian yang ingin anda potong.
  • Goreskan garis penanda. Anda perlu menggores garis yang ingin anda potong, karena anda ingin mematahkan bagian tersebut bukan untuk memotongkannya.

Letakkan penggaris kayu pada bagian yang anda sudah tandai tadi.

Toreh tiap garis paling tidak 3 sampai 5 kali, jangan sampai melebihi batas yaitu 10x. Maka semakin dalam anda torek, itu akan semakin gampang untuk mematahkannya.

Beberapa cara untuk menoreh kaca akrilik :

  1. Dengan menggunakan pemotong kaca.
  2. Bisa juga dengan pemotong kotak atau sering di sebut dengan pisau utilitas dengan ujungnya yang tajam, atau bisa juga dengan punggung pisan untuk menoreh.
  3. Agar lebih mudah untuk mematahkannya maka anda harus menoreh bagian depan dan juga belakang kaca akrilik
  • Tekan garis yang sudah ditoreh dengan kuat sehingga tekanan cukup untuk mematahkan bagian yang sudah di toreh
  • Kemudian haluskan sudut yang kasar, kemungkinan besar anada akan mendapatkan kaca akrilik yang sudutnya kasar.
  1. Menghaluskanya cukup jepit potongan kaca pada tempat yang datar seperti meja atau bangku.
  2. Kemudian gergaji mesin untuk menghaluskan sudut kaca, ini cukup efektif untuk ketebalan akrilik samapi 4,75mm.
  3. Jika kaca akrilik lebih tebal sebaiknya menggunaka bor lalu di pasang pemoles, sebelum memulai untuk memoles atau menghamplas terlebih dahulu pemoles harus di lapisi campuran pemoles merah agar hasilnya memuaskan dan maksimal.

Sedikit Tips jika anda selesai dalam pekerjaan anda untuk mematahkan atau memotong, bersihkan terlebih dahulu dari sisa debu atau sisa serpihan dari lembaran kaca akrilik. Jangan sampai membersihkan tetapi anda belum menghilangkan partikel ( debu atau serpihan ) itu bisa menyebabkan permukaannya menjadi lecet.

Spread the love