Infrastruktur Adalah Salah Satu Kunci Penggerak Ekonomi Yang Ada. Berapa Investasi di Infrastruktur?

Posted by on Jun 8, 2017 in blog |

Infrastruktur Adalah Salah Satu Kunci Penggerak Ekonomi Yang Ada. Berapa Investasi di Infrastruktur?

Infrastruktur adalah ciri khas pembangunan ekonomi karena suprastruktur kekayaan keseluruhan suatu bangsa bergantung padanya. Komponen seperti bangunan dasar, institusi dan fasilitas atau elemen penting lainnya yang diperlukan untuk menopang dan memungkinkan pertumbuhan ekonomi, dapat didefinisikan sebagai infrastruktur. Infrastruktur fisik memiliki dampak langsung terhadap pertumbuhan dan perkembangan keseluruhan negara pada umumnya.

Namun, pertumbuhan ekonomi  yang cepat dalam beberapa tahun terakhir telah menempatkan tekanan yang meningkat pada infrastruktur fisik seperti listrik, kereta api, jalan, pelabuhan, bandara, irigasi, pasokan air dan sanitasi perkotaan dan pedesaan, yang semuanya telah mengalami defisit yang cukup besar. Pembangunan infrastruktur akan membantu menciptakan iklim investasi yang lebih baik. Tujuan pertumbuhan inklusif dan pertumbuhan PDB 9% bisa tercapai hanya jika defisit infrastruktur ini bisa diatasi.

Pembangunan infrastruktur suatu negara telah mendapat prioritas utama dalam Rencana Lima Tahun ke-11 untuk tahun-tahun 2007-2012 dan Rencana Lima Tahun ke-12 2012-2017, dengan perkiraan kebutuhan investasi masing-masing sebesar $ 500 miliar dan $ 1,5 triliun oleh Komite Perdana Menteri Infrastruktur. Inisiatif ini pucat bila dibandingkan dengan China yang menghabiskan sekitar 11% dari PDB untuk pembangunan infrastruktur, dibandingkan dengan 6% dari PDB yang dihabiskan di . Hal ini mengindikasikan bahwa pembangunan infrastruktur di  perlu ditingkatkan agar sesuai dengan standar global.

Perkembangan pesat Kota Chennai selama dekade terakhir adalah contoh bagaimana infrastruktur yang baik dapat mendorong pembangunan industri, ekonomi dan sosial. Chennai misalnya, wilayah metropolitan terpadat keempat dan kota terpadat kelima di India , memiliki perbedaan tingkat urbanisasi tertinggi (47%) di negara tersebut saat ini.

Perusahaan global termasuk semua jurusan di Industri TI, perusahaan otomotif dan teknik telah menjadikan Chennai sebagai tujuan pilihan mereka untuk menyiapkan operasinya. Beberapa nama penting termasuk BMW, Dell, Ford, Hyundai, Saint Gobain, Nokia, Renault – Nissan, Samsung, Bank Dunia, dll.

Iklim investasi yang menguntungkan Negara saat ini dapat dikaitkan dengan kebijakan pro-investasi Pemerintah dan kualitas seperti proyek infrastruktur Indonesia yang ditawarkan Negara. Kanan dari pembuatan kota bisnis dalam format Public Private Partnership (PPP) untuk membangun koridor jalan yang meningkat yang memungkinkan pergerakan lalu lintas komersial yang lebih cepat, Pemerintah dan mitranya, telah menciptakan infrastruktur yang pada gilirannya mendorong industrialisasi dan investasi ke dalam negara.

Tingkat investasi ke  meningkat dan begitu juga pendapatan disposable dari kelas gaji / bisnis. Pelanggan menjadi elemen sentral di mana semua aktivitas pengembangan berbasis. Pembangunan berkelanjutan, jangka panjang dan terencana dengan keseimbangan dengan alam adalah kunci untuk menarik yang terbaik ke negara ini. Tujuan utama pengembangan infrastruktur, baik fisik maupun sosial adalah untuk menarik investor.

Spread the love